Label:

Pentingnya Belajar Bahasa Arab Untuk Memahami Al Qur’an


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.




Perlu diketahui Al – Qur’an itu sumbernya hanya 1 dan menggunakan bahasa Arab.  Lalu karena pemeluk Islam tersebar di banyak negara maka Al-Qur’an diterjemahkan dalam berbagai bahasa tanpa mengubah arti dan makna sedikitpun, dan tetap wajib mengamalkan untuk membaca yang asli bahasa Arab (mengaji).  Tapi, meski sudah diterjemahkan.. Tidak bisa mengungkap secara ‘SEMPURNA’ firman Allah.. Bahasa Arab yang digunakan dalam Al-Qur’an itu level tinggi, ungkapan dan perumpamaanya sulit untuk di tuangkan kembali ke bahasa lain, meskipun bisa diterjemahkan tapi tidak bisa ‘setara’ keindahan bahasanya.
Menurut pengalaman saya yang penerjemah bahasa Korea (hehe), memang benar.. Menerjemahkan bahasa itu nggak bisa benar-benar mirip sumbernya meski senada karena idiom bahasa yang berbeda-beda.. Apalagi ini adalah bahasa dari Tuhan.

That’s why kalau mau tahu ‘sensasi’ indahnya Firman Allah secara nyata, kita perlu pahami langsung dari bahasa aslinya..

Salah satu contoh :
"Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam..." (Al Qur'an, 39:5)
Dalam Al Qur'an, kata-kata yang digunakan untuk menjelaskan tentang alam semesta sungguh sangat penting. Kata Arab yang diterjemahkan sebagai "menutupkan" dalam ayat di atas adalah "takwir". Dalam kamus bahasa Arab, misalnya, kata ini digunakan untuk menggambarkan pekerjaan membungkus atau menutup sesuatu di atas yang lain secara melingkar, sebagaimana surban dipakaikan pada kepala. (keajaiban Al-Qur’an by Harun Yahya)
Tuhkan, bahasa Indonesia tidak ada ungkapan yang sama seperti itu jadi diterjemahkan saja dengan ‘menutupkan’ padahal arti sesungguhnya mengungkapkan lebih dari itu. Pada ayat itu membuktikan bahwa Al-Qur’an mengungkap tentang bumi yang bulat. J


Ulasan Informasi ini saya dapat dari kultwitnya Park Dong Shin, Mualaf / Muslim Korea yang sedang study Islam di Madinah Islamic University.

Saudara saudara Islam.. Pelajari bahasa Arab. Ini wajib untuk belajar Quran. Dan ini adalah sunnah yang hebat. Digunakan oleh Nabi dan semua Sahaba. Ajari anak-anak anda fus-ha (bahasa Arab murni) yang merupakan ‘Arab murni/pure Arabic’. Dan jika kamu bisa bicara fus-ha ini adalah salah satu kehebatan sunnah.

Ketika kamu mencintai seseorang, kamu akan senang mempelajari bahasanya. Lalu kenapa anda tidak belajar bahasa Nabi Muhammad kita ? Dia berbahasa fus-ha. (Mungkin di sini Mr. Park menyindir misalnya fans Kpop yang rela belajar bahasa Korea.. –gue banget,hihi—)

Quran adalah kebahagiaan sebenarnya di hidup kita. Tapi hanya sedikit orang yang mengerti itu. Dan bahasa Arab adalah kunci untuk mengerti.

Allah memberi kita Quran untuk membuat hidup kita menjadi bahagia. Dan bahasa Arab adalah kunci Quran. Di hidup kita. Di planet ini. Kita bisa hidup bahagia karena itu. (Dari tayangan wawancara, ulasan dan twitnya Park Dong Shin, Ia kerap kali bicara dia menjadi BAHAGIA setelah menemukan dan memeluk Islam J)

Mengerti Quran untuk mengikuti (ajarannya). Bukan manusia dan budayanya. Ikuti ajaran Quran dan sunnah. Lalu ketika kamu membaca Quran, ini akan benar-benar menyentuh hatimu.

Salah satu kehebatan keajaiban Quran adalah bahasa Arabnya. Kata-kata di dalamnya tidak bisa buat oleh manusia. Bahasa Arab di Quran itu super natural. Ini adalah kalimat Allah. Jadi jika ini di ubah ke bahasa lain/ bahasa manusia (diterjemahkan), keajaibannya akan luntur.

1.      Saya bertemu banyak orang Muslim yang juga banyak dari negara Arab. Banyak dari mereka tidak mengerti tata bahasa Arab yang penting untuk memahami Quran.
2.      Bahkan orang Arab tidak tahu bahasa Arab murni. Jadi, ketika mereka pindah ke Negara lain , anak-anak mereka hanya memperlajari 3amiya (mungkin bahasa Arab sehari-hari) dari orang tua dan bahkan tidak bisa menulis tulisan Arab.
3.      Ketika non-Muslim barat memerangi pulau kita mereka mencoba untuk menghapus bahasa kita dan memisahkan semua Negara Arab. Karena mereka ingin Islam menjadi lemah.
4.       Karena Quran dalam bahasa Arab, kita harus belajar dan menjaga bahasa Qur’an.Kita harus bersatu lagi untuk masa Nabi kita dan masa khulafa.

Kita harus belajar dan berbicara bahasa Arab murni sehingga kita mudah untuk mengikuti semua sunnag dan memahami Quran di setiap ibadah dan ummah akan menjadi kuat.

Sumber : (Park Dong Shin) @iAbdarraoof on twitter
Diterjemahkan dari bahasa Inggris oleh saya 

[QS. 39:28] (Ialah) Al Qur'an dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) supaya mereka bertakwa.

[QS. 41:44] Dan jika Kami jadikan Al Qur'an itu suatu bacaan dalam selain bahasa Arab tentulah mereka mengatakan: "Mengapa tidak dijelaskan ayat-ayatnya?".  Apakah (patut Al Qur'an) dalam bahasa asing, sedang (rasul adalah orang) Arab? Katakanlah: "Al Qur'an itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang yang beriman. Dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan, sedang Al Qur'an itu suatu kegelapan bagi mereka. Mereka itu adalah (seperti) orang-orang yang dipanggil dari tempat yang jauh".

Jangan ditanya, kenapa harus bahasa Arab? Ntar kalo bahasa Jepang kalian juga pasti bertanya, kenapa bahasa Jepang? Ya karena Nabi SAW/ Rasulullah/ Utusan Allah adalah orang Arab. Sedang pula bahasa Arab memiliki keistimewaan dengan berbagai istilah, ungkapannya. Bahasa kita, bahkan bahasa Inggrispun punya banyak kata serapan dari bahasa Arab loh ~

Meskipun selama ini mengerti Al-Qur’an dalam terjemahan bahasa Indonesia aku sudah cukup takjub, tersentuh, dan merasa ajaib! Tapi aku ingin juga merasakan langsung dengan mengerti bahasa Arab seakan Allah berfirman langsung di telingaku. :)


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 
Youthism © 2012 | Designed by Canvas Art