Label:

Arisa, Mualaf Jepang mendapat hidayah melalui Bahasa Malaysia

Assalamualaikum..

Sudah lama nih nggak bahas soal mualaf, padahal selama ini setiap buka internet banyak sekali kisah mualaf inspiratif selama ini saya baca dan bikin hati ikut senang. Semoga bisa masuk blog saya semua ya... hehehe.

Salah satu hal manfaat kita mendengar kisah orang mualaf adalah agar kita yang orang asli muslim ini lebih bersemangat untuk belajar tentang agama dan beribadah. Orang yang tidak lahir dari keluarga Islam saja begitu bersemangat belajar Islam dan beribadah. Mereka bahkan begitu bangga dengan agama Islam. Masak kita kita yang dikaruniai status muslim sejak lahir masih aja melempem..

Kali ini saya mau membahas tentang muslimah baru dari negara sakura yang belum pernah saya ceritakan sebelumnya. Agak terkesan dengan oni-san (kakak) muslimah cantik satu ini. Dia pintar berbahasa Inggris, Malaysia, Indonesia bahkan sedikit bahasa Korea. Padahal secara umum Jepang kan negara yang kurang menerima bahasa Internasional. Tapi tidak dengan oni-san ini..

Muslimah Jepang lain & Arisa
Nama di akunnya berupa nama panjang yang cenderung terdengar seperti nama Indonesia, Malaysia atau sedikit Arab. Panggilannya Arisa, dan ia sama sekali tidak memberitahu siapa nama Jepangnya. Nama itu adalah nama Islamnya begitu ia menjadi mualaf, dan panggilannya Arisa. Saya menemukan oni-san ini pertama kali di instagram secara tidak sengaja ketika ia mengaku bahwa ia adalah 100% japanese muslimah, di instagramnya juga dicatutkan url blog yang menceritakan tentang perjalannya sampai jadi muslimah.

Ternyata.. semua berawal dari bahasa Malaysia. Bagaimana bisa?

Saat kuliah ia mempunyai keinginan untuk mengambil jurusan bahasa asing, hal yang tidak banyak diminati dan diketahui orang Jepang. Ibunya menyarankan agar dia mempelajari bahasa Malaysia, meskipun ia sedikit terkejut dengan pilihan ibunya, tapi ia kemudian benar-benar belajar bahasa Malaysia meski tetap di universitas Jepang.

Setelah belajar bahasa Malaysia selama 1 tahun, masih banyak kata-kata yang tidak ia mengerti dan ternyata kata-kata itu berkaitan dengan Islam, dan ia mengambil kelas yang mengajarkan tentang Islam.

Ia kemudian ke salah satu Masjid di Tokyo bersama temannya. Dia melihat ketika orang-orang sedang sholat, dan dia agak terkejut ketika mengetahui muslim melakukannya 5 kali dalam sehari pada Tuhannya. Ia pun penasaran bagaimana bisa muslim MAU melakukan itu.  Saat itu pula dia berkesempatan memakai hijab untuk pertama kalinya, dan meskipun dia terbiasa dengan pakaian sexy sebelumnya, dia merasa sangat lega mengenakan hijab dan merasa seperti dihormati serta dihargai ketika mengenakan itu.

Ia kemudian menemukan hidayahnya di Malaysia, dia belajar di Malaysia selama sebulan dan hanya dalam kurun waktu tersebut banyak yang dia pelajari. Dia mencoba untuk full memakai hijab selama satu bulan dan belajar beberapa doa meski ia belum masuk Islam. Ia merasakan gerah pada awal ia mengenakan hijab, tapi ia merasakan kebahagiaan di hatinya. Dia terus berdoa, berharap mendapat hidayah karena sepertinya ia sudah mendapatkan ketenangan hati pada Islam, tapi masih sulit karena masalah pertimbangan dengan keluarga, teman dan juga pacarnya kala itu.
Tapi ia kemudian memilih untuk menjalankan apa yang dia yakini dalam hati, dan ia sangat percaya pada Allah sehingga diapun memutuskan untuk membaca shahadat dan masuk Islam.

Dan diakunnya sekarang, seorang Arisa ini tak beda dengan muslimah-muslimah hebat lainnya yang setiap hari membahas tentang kegiatannya dalam lingkup agama. Membanggakan statusnya sebagai muslimah dan memperkenalkan pada orang-orang tentang kehidupan sebagai muslim di Jepang, juga menceritakan tentang perkembangan muslim-muslim Jepang lainnya. Alhamdulillah..

***

Masya Allah sekali setiap mendengar cerita bahagia seorang mualaf tentang keIslamannya. Bagaimanapun cara dan jalannya, setiap orang yang memang meminta jalan hidayah Allah, pasti akan Allah arahkan pada petunjuk itu tidak peduli seberapa jauhnya orang itu dari peradaban muslim. Dan hanya karena berawal belajar bahasa Malaysia, seseorang dari negara lain bisa mendapat hidayah.

Saya juga beberapa kali mendengar tentang kisah mualaf orang Korea yang menceritakan keIslaman mereka ditengah argumen buruk orang Korea tentang Islam. Yaitu beberapanya karena awalnya tertarik dengan bahasa Arab, kemudian memaknai Al-Qur'an dari bahasa aslinya. Adapula yang masuk Islam karena dia ditugaskan di Turki, dan selama disana dia diperlakukan dengan sangat  baik oleh penduduk Turki karena mereka menegaskan bahwa Islam mengajarkan begitu. 
Adapula yang masuk Islam karena melihat kegigihan, kepercayaan diri dan kecintaan muslimah Malaysia dengan hijabnya. 

Wah... bagaimana dengan kita. Bisakah orang Indonesia mencerminkan bagaimana Islam yang sebenarnya dihadapan orang asing? Jika semua bisa melakukan itu, kata ustadz Felix sih... nggak mungkin nggak jatuh cinta. (Jatuh cinta sama Islam, bukan sama anda, jangan GR. Hehehehe.. becanda ya.. :D)

Ps. Untuk Arisa San yang bisa bahasa Indonesia dan mungkin membaca, minta ijin ya untuk mengpost blog tentang anda untuk inspirasi yang lain, semoga berkenan. hehe. Jazakillah ^^

Sekian, semoga bawa manfaat. 
Wassalam.

 
Youthism © 2012 | Designed by Canvas Art