Label:

Park Dong Shin, Muslim Korea yang gigih berdakwah online

Assalamualaikum..
Annyong Haseyo :D


Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk (QS. 2:157)

 Pertama kali ingin tahu adanya muslim di Korea karena saya yang 'lumayan' punya bakat dan minat pada bahasa Korea dan memiliki keinginan pergi ke negeri ginseng itu untuk menuntut ilmu bahasa Korea lebih lanjut.

Tentu sebagai muslim pergi ke negeri non-muslim ada sedikit ke khawatiran akan keterbatasan dan perbedaan mencolok untuk kita menjalankan perintah agama dan beribadah.  Saat itulah saya mencari-cari tentang keberadaan muslim di Korea. Ya.. siapa tahu kalau bisa kesana saya akan mencari mereka untuk mencarikan saya tempat makan yang halal dan bisa sholat berjamaah begitu hehe.

Pertama kali saya menemukan page Islam Korea di Facebook dan mendapati pengelola page itu adalah seorang laki-laki mualaf Korea kota Busan kelahiran 1986 bernama Park Dong Shin. Ia masuk Islam sejak tahun 2009 kemudian mempunyai nama Islam, Abdurraouf. Kemudian saya mulai penasaran bagaimana ia masuk Islam dan sangat kebetulan ia menuliskan dengan sangat panjang tentang bagaimana kisahnya ia masuk Islam.

Inilah pertama kali saya menemukan seorang berkebangsaan Korea yang masuk Islam sebelum saya akhirnya menemukan orang muslim asli Korea lainnya.

Dan menurut saya salah satu yang paling menarik dan mengagumkan adalah Park Dong Shin ini.. 

***

KISAH PARK DONG SHIN MENEMUKAN ISLAM

Kegigihan Park Dong Shin mencari kebenaran hakiki

Pertama-tama cerita bagaimana mana ia masuk Islam telah ia ceritakan baik di facebook maupun blog yang tulisan aslinya bisa anda baca di blog pribadinya berikut ini : I found the hope of the mankind in Islam and then became a Muslim. - Abdurraouf Park

Saya akan cerita singkatnya saja..

Park Dong Shin adalah anak yang dididik oleh orang tuanya taat pada agama sejak kecil. Kehidupan yang keras bahkan keluarganya yang hancur sejak beberapa tahun membuatnya terus mencari arti kehidupan sesungguhnya dan dia meyakini adanya kehidupan lagi setelah kehidupan yang sekarang. Ia ingin tahu kenapa ia dia harus hidup dan dimana Tuhan??

Dia mempunyai ketertarikkan besar terhadap politik, sejarah dan agama. Ia mencari tahu dan mengerti bagaimana runtutan penyebaran agama di Korea dan hubungannya dengan konflik dua negara yang terbagi, Korea Selatan dan Korea Utara. Berharap menemukan kebenaran, ia mendatangi beberapa tempat ibadahnya dengan sekte yang berbeda-beda untuk mencari tahu lebih banyak tentang pengetahuan agamanya bahkan sekolah dan tinggal di asrama agamanya. Dan ia terus berdoa pada Tuhan agar dia diberi petunjuk pada jalan yang benar.

Tapi ia menemukan kejanggalan pada ajaran dan konsep agamanya serta penganut agamanya yang berbeda-beda menafsirkan kitab. Sikap mereka dan konsep menjalankan agama dianggapnya tidak selaras, dibanding pengikut Tuhan.. mereka lebih terlihat mengikuti hawa nafsu dunia.  Yang utama ia tidak mempercayai tentang konsep keTuhanannya. Merasa tidak benar dengan konsep trinitas yang membagi Tuhan menjadi tiga entiti. Ia tak mempercayai bagaimana bisa Tuhan Semesta Alam harus dibagi-bagi?  Apakah benar Tuhan seperti makhluk ciptaannya? Punya ayah, ibu, makan, minum dan mempunyai wujud yang sama seperti makhluknya?

Serta ada beberapa hal yang tidak masuk logika menurutnya yang bisa anda baca di blognya sendiri :D
Ia tak pernah mendapat jawaban yang memuaskan dari semua keingin tahuannya. Ia bingung, kalau hal ini adalah kebenaran, bukankah harusnya akan sangat mudah untuk di jawab?

Perjuangannya mencari kebenaran kehidupan secara hakiki benar-benar kuat dalam jiwanya. Dia terus mencari dan mencari hingga banyak mendatangi acara 'Believer meeting' dan merasa tetap tidak mendapatkan jawaban yang meyakinkan untuknya.

Sesaat ia sempat merasa putus asa. Ia merasa di telantarkan. Di telantarkan dengan Tuhan.  Ia merasa ia akan masuk neraka. Ia kemudian tidak ada keinginan dan semangat untuk mengurus keluarga dan orang-orang yang dicintainya.

Tapi Park Dong Shin sering berpikir. Jika Tuhan benar-benar menelantarkannya, membiarkan dia dalam ketidak tahuan, atau jika memang Tuhan itu tidak ada.. Tentu saja seharusnya tidak akan ada agama sama sekali di dunia ini.

Mengenal Islam dari film yang menghina Islam

Akhirnya suatu hari ia melihat film Hollywood yang isinya menitik beratkan pada kemenangan dan kekuasaan mereka dan sarat akan penghinaan dan mengecilkan Islam tapi dari situ dia malah menangkap kemunafikkan isi film itu dan justru menjelaskan apa itu keimanan yang sebenarnya.

Ia kemudian mendatangi perpustakaan dan mencari buku tentang agama.  Ia kemudian membaca tentang perkenalan agama Islam yang sebelumnya ia tak punya pengetahuan tentangnya.  Ia mengira Islam itu menyembah Muhammad  atau agama yang menyembah tuhan lain.

Tapi kemudian terkejut ia menemukan bahwa Islam adalah agama yang percaya pada satu Tuhan.  Selama ini ia mencari kebenaran tanpa mencari tahu tentang Islam karena ia tak tahu bahwa Islam adalah agama yang percaya pada Tuhan dan mengabaikan apapun tentang Islam. Sehingga setelah mengetahui tentang Islam, ia menyalahkan diri sendiri bahwa mengabaikan itu sangat menakutkan.

BERIKUT OPININYA SETELAH MENEMUKAN ISLAM :


Oh, Islam! This was the truth itself. It clearly showed me utopias that I've been thinking of all along and all God's attributes that I imagined and longed for. Islam was not just religion but it was a whole way of life, it was LIFE! Islam is not just believe and live on, it involved both belief and action and they coincide with each other. I  always believed that the true religion should include both, action and belief, because there is no point if you just believe without acting that in action, and I found this in Islam.
Utopia of mankind was unimaginable to me due to man’s greed, but I found the hope here in Islam, we can live together, completely give up power, and greed, and live in Utopia. In Islam, there is no capitalism or communism being superior over another or seen better than the other. Everything is based on community bases called 'Ummah' and are seen as one, one God, one nation, one Holy book (Quran) and no racism. All this came from the obedience to God. I found hope in Islam, and I finally found what I sought. Utopia of mankind was right here in Islam.
I started asking myself some serious questions after finding Islam. 'Why did I not know about Islam? Why has it been covered? I have lost many years of my life away from this blessing. I never dreamed that there was a true God’s religion because every Christian organisation that I joined and experienced with had only criticised us and called us heathens or terrorists. I became aware of how frightening ignorance can be and how huge of a sin a man’s prejudice, jealousy and envy is. It gave me answers to many of questions that I had raised about the past, present and the future and also the history and religious issues of mankind.

Lebih lengkap silahkan baca di blog Mr. Park saja ya ^^

****

KEGIGIHANNYA BERDAKWAH 
 
Merasa ia telah di beri petunjuk secara jelas oleh Allah SWT, di berbagai ungkapan setiap tulisannya di berbagai media online, dia sangat bahagia dan bangga menjadi muslim.  Ia mengatakan bahwa hal yang paling membahagiakan dalam hidupnya adalah ketika dia masuk Islam.  Dia selalu menangis terharu membaca Al-Qur'an.  

Ketika memposting kata-kata itu saya jadi terharu dan merasa sayang sekali dengan kenyataan justru orang yang dilahirkan dalam keluarga Islam justru tidak menyadari hal berharga ini dan malah menyepelekan ajaran Islam dan menuruti apa yang namanya sekuler.

Melihat negaranya yang sangat minim tentang ilmu Islam, Park Dong Shin kemudian bertolak ke Arab Saudi dan kuliah tentang Islam di Universitas di Madinah. Ia memperdalam Islam secara benar disana dan bercita-cita menghafalkan Al-Qur'an dan Hadist. SubhanAllah keinginannya.

Lalu dengan menemukan satu akunnya, saya menemukan banyak akunnya lagi, dan semua untuk media dakwah.  Sekedar membagikan potongan ayat Al-Qur'an, Hadist, juga yang paling gigih ia lakukan adalah mengenalkan Islam pada orang Korea.  Ia mengatakan Korea sangat kurang informasi tentang Islam bahkan banyak TV yang sengaja menjelek-jelekkan Islam.  
Ia prihatin dengan orang di negaranya. Sekalipun secara kasat mata Korea adalah negara yang sudah cukup maju dan sukses tapi melihat keseharian orang-orangnya yang jauh dari Tuhan sehingga mempunyai gaya hidup yang kelewat bebas, minum-minuman keras sudah menjadi kebiasaan, bunuh diri mudah dilakukan, seks bebas dan operasi plastikpun meraja lela.

Tak jarang ia mengaku di tolak permintaan pertemanannya dengan orang Korea di media sosial. Banyak yang menudingnya karena dinilai mempengaruhi dan memaksa orang masuk Islam. Ia mengatakan dengan dakwah ini hanya  membagikan kebenaran yang mungkin belum sampai pada sesama warga Koreanya dan ingin meluruskan tentang fitnah Islam yang sudah tersebar dimana-mana menimbulkan penilaian umum yang menyakitkan.

CARA DAKWAHNYA

Ketika saya menstalking kegiatannya di beberapa akun, saya melihat ia telah membantu mengIslamkan beberapa orang disana yang proses shahadatnya ia rekam dan upload di youtube. Terakhir dengan saangat berbahagia, ia mengabarkan bahwa ibunya pun telah menginginkan masuk Islam :D

Salah satunya ini yang saya lihat ketika ia membantu mengshahadatkan saudara Habiboullah yang entah siapa nama asli (nama Korea) nya sekitar tahun 2011 .. :D 
Disini Park Dong Shin juga menasehati agar Habiboullah ini lebih banyak belajar lagi tentang ajaran Islam, jangan lupa sholat 5 waktu dan diingatkan bahwa  agar menghadapi dengan baik akan ada reaksi sangat berbeda pada keluarga dan temannya tentang ke Islamannya.


Kemudian di video lain ternyata saudara Habiboullah ini sudah menjadi 'remaja masjid' di Itaewon, Seoul dan membuat video pengenalan Islam di Korea, dan saat itu Park Dong Shin sudah pergi ke Madinah. Alhamdulillah :)


Selain itu Park Dong Shin pun giat dengan mempublishkan ayat Qur'an, Hadist dan penjabaran ajaran Islam di akun facebook, twitter maupun blognya. Ia juga mempublishkan hasil diskusinya dengan penganut agama lain yang mendebatnya maupun yang bertanya padanya berharap orang Korea yang punya pertanyaan yang sama bisa membacanya. Ia bersedia menjawab semua pertanyaan orang Korea yang menanyakan tentang Islam.

Ia bahkan mendatangi radio di Korea untuk mengumandangkan ajaran dan kebenaran Islam. Terakhir saya tahu, ia juga sudah merencanakan untuk membuat TV Islam Korea.. MashaAllah. 

Kenapa ia melakukan itu semua? Ia menjawab..

"Saya bukan siapa-siapa tapi Allah menunjukkan jalan yang benar pada saya sekalipun saya ditempat yang jauh dari ajaran Islam. Saya sangat berterima kasih pada Allah maka ini cara saya untuk bersyukur pada Allah.."

Saya kagum. Orang yang jauuuh keberadaannya dari 'peradaban' orang-orang Islam bisa memahami Islam secara dalam dan benar, tentu karena hati dan keinginannya sendiri.  Ia pun mengisi hari-harinya hanya untuk beribadah dan mengabdi pada Allah, menjalankan perintah dengan kukuh. Jika Allah berkehendak menyelamatkan orang yang membuka hatinya tak akan ada yang mustahil dan tak akan ada yang bisa menghalangi Allah dari memberikan jalan yang lurus.

Dengan melihat ini, inilah saya sadar bahwa kita yang Islam asli sungguh merugi jika kurang belajar dan banyak mengabaikan. Mengingat, orang yang sama sekali tidak mengenal Islam sebelumnya bisa secinta ini pada Islam.

Sekali lagi, Islam tak pernah memaksa atau mengada-adakan sesuatu agar orang masuk Islam. Melainkan hanya menyampaikan dan mengingatkan. Diluar itu, diterima atau tidak oleh orang tersebut adalah urusan masing-masing orang dengan Allah.


"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia)" (QS. 3:8)

Wassalam.
----------------------

Berikut media yang digunakan Park Dong Shin :

https://twitter.com/iAbdurraoof
https://www.facebook.com/abdurraouf.park/

These are all our Youtube Channels for Da’wah.
http://www.youtube.com/user/islamickorea
http://www.youtube.com/user/islamforkorean

Twitter accounts for Islamic Da’wah in Korea
https://twitter.com/iAbdarraouf
https://twitter.com/islaminkorea
https://twitter.com/islamforkorean

Join to our Facebook pages and share with friends.
http://www.facebook.com/islamicdawahkorea
http://www.facebook.com/islaminkorean
http://www.facebook.com/islaminbible
http://www.facebook.com/abdurraouf.park
 
http://abdurraouf.blogspot.com

 
Youthism © 2012 | Designed by Canvas Art